is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Disiplin Menabung jadi Kunci Milenial Cepat Punya Rumah

Gaya Hidup | 2021-12-07 11:52:45
Ilustrasi. (Dok.pribadi)

JAKARTA - Disiplin menabung menjadi kunci peting bagi generasi milenial lebih cepat punya rumah sendiri. Terlebih, kaum milenial ini bisa menyisihkan 30% dari nilai penghasilan atau paling tidak mengurangi budget gaya hidupnya yang kurang konsumtif.

Paling tidak motivasi tersebut diungkapkan Marketing & Community Manager Indonesia Properti Expo (IPEX) Nita Afriani, untuk mewujudkan rumah impian bagi milenial.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Dapat Passive Income di Sektor Properti

Kendati demikian, Nita Afriani berpesan jangan sembarangan memilih properti karena ada beberapa point penting yang harus diperhatikan. Diantaranya terkait menggunakan jasa developer, khususnya bagi pembeli rumah pertama poin ini sangat penting.

"Cari tahu riwayat developer tersebut, harus mempunyai latar belakang yang jelas. Bukan rahasia umum lagi, tak sedikit oknum pengembang yang memanfaatkan kondisi ketidaktahuan pencari rumah untuk meraup keuntungan pribadi atau melakukan penipuan," pesan Nita.

BACA JUGA: Diam-diam Gardens at Candi Sawangan Sudah Persiapkan Promo di IPEX 2022

Ia juga mengingatkan untuk mempertimbangkan harga rumah yang ditawarkan oleh developer. Misalnya, ketika developer atau pemilik rumah sudah menawarkan usahakan jangan langsung menyetujui.

"Harus memperhatikan faktor lain misalnya menilai harga itu sudah sesuai dengan kondisi rumah yang ditawarkan. Langkah itu bisa dilakukan mulai memperbandingkan harga properti lain sebagai dasar pertimbangan," ujar Nita.

BACA JUGA: Freedom Punya Rumah di IPEX 2022, Jangan Lewatkan Ya!

Kemudian, pastikan sistem pembayaran apakah secara cash keras atau menggunakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. "Jika menggunakan skema KPR, harus mengurus pengajuan jauh-jauh hari karena prosesnya yang tidak sederhana," ujarnya.

Skema KPR juga harus menghitung besarnya uang muka, karena beli rumah secara kredit dipastikan akan membayar sisa angsuran-angsuran selanjutnya dari uang muka yang sudah disepakati.

"Pada dasarnya fungsi rumah merupakan tempat berlindung. Oleh karena itu, pilih rumah yang nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan hidup seusai dengan budget," pungkasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya