is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ririn Caterin

Internet kamu lama? Coba Kenalan Dulu Yuk sama Layanan Triple Play

Teknologi | 2021-10-29 09:45:00

Saat ini di era transformasi digital, semakin membutuhkan komunikasi yang lebih cepat dan tepat. Tentunya jaringan internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk sebagian orang apalagi adanya pandemi Covid-19 telah membuat masyarakat lebih ketergantungan akan koneksi internet untuk menjalani aktivitasnya sehari - hari. Kendala yang paling sering dialami saat menjalani kerja dari rumah atau work from home adalah koneksi jaringan yang lambat dan jaringan provider yang tidak stabil. Masalah jaringan internet yang lambat tentu membuat kita naik darah dan aktivitas kita juga jadi terhambat. Secara keseluruhan, Work From Home (WFH) dan seluruh elemen virtual telah menjadi kebiasaan masyarakat dalam menjalani kehidupan nya sehari - sehari yang mungkin akan berlanjut hingga masa mendatang.

Tentunya kamu tidak ingin kegiatan upload dokumen, pencarian sumber dan inspirasi, serta kegiatan meeting yang seharusnya berjalan optimal menjadi terhambat. Melambatnya kecepatan koneksi jaringan kamu dapat disebabkan oleh beberapa banyak hal. Ingin tahu kenapa? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini!

1. Multitasking.

Banyaknya aplikasi atau program yang terhubung, menyebabkan melambatnya kecepatan koneksi jaringan kamu. Hal ini disebabkan adanya kapasitas data yang harus dibagi kedalam semua platform.

2. Adanya Gangguan dari Perangkat Lain.

Lemahnya jaringan koneksi kamu bisa dipengaruhi oleh perangkat lain yang berada di tempat kita, misalnya gadget, TV, telepon tanpa kabel, dan banyak lagi lainnya. Untuk itu,cobalah dengan menjauhkan router dari perangkat elektronik yang memancarkan gelombang nirkabel.

3. Usia Perangkat Sudah Tua.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, ternyata router juga memiliki standar usia pemakaiannya loh! Menggunakan perangkat yang sudah lama dan tidak diperbarui dapat mempengaruhi stabilitas jaringan kamu. Alhasil aktivitas kamu pun menjadi terhambat. Kamu bisa memeriksa spesifikasi router yang kamu miliki dan segeralah ganti dengan yang baru.

4. Jangkaun Jaringan Lemah atau Terhalang.

Hal ini dikarenakan area jangkauan jaringan yang terbatas, dimana berpengaruh mengurangi kecepatan dari koneksi internet. Terkadang lokasi yang terhalang tembok tinggi dan tebal pun dapat membuat koneksi sering bermasalah.

Untuk kedepannya, tentu harus mempertimbangkan sesuatu yang penting bagi perjalanan kita yaitu internet. Bagaimana tidak? Komunikasi dan informasi apapun kita dapat hanya dengan satu jaringan internet, Baik itu suara, video, teks, data, dan lainnya (Triple Play). Tentunya kamu juga harus mempertimbangkan perangkat penggunaan yang sesuai dengan dasar kebutuhan kamu. Apalagi yang paling terpenting haruslah murah dan mudah di pahami dalam penerapannya. Salah satu teknologi yang mampu menjawab kebutuhan ini adalah teknologi Metro Ethernet, dimana mampu mendukung teknologi Triple Play atau yang biasa dikenal dengan Next Generation Network. Teknologi Metro Ethernet merupakan salah satu perkembangan teknologi Ethernet yang mampu menjangkau jarak yang jauh dalam skala metropolitan atau perkotaan yang dilengkapi dengan berbagai fungsionalitas seperti jaringan Ethernet pada umumnya.

Tapi Apa itu Layanan Triple Play?

Triple play sebenarnya merupakan sebutan bagi kebutuhan pengguna teknologi komunikasi akan jalur data yang cepat, lebar, dan multi-peran bagi mereka. Secara sederhana, Triple play adalah sebuah kebutuhan akan komunikasi yang lengkap mulai dari data, suara, dan video yang dapat dirasakan hanya dengan satu jenis media koneksi saja. Misalnya saja, kamu berlangganan pada satu jenis media service, kamu bisa menikmati komunikasi data, bertelepon sana sini, melakukan video conference bahkan menonton film kesukaanmu sekaligus. Semua ini bisa dinikmati dengan kecepatan transfer dan bandwidth yang cukup untuk semuanya. Oleh karena itu, diperlukan teknologi Metro Ethernet dengan kecepatan akses data yang dapat mendukung aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi.

Nah, dengan kebutuhan yang lebih besar untuk bandwidth yang lebih luas dengan anggaran yang lebih kecil, memerlukan opsi jaringan yang efisien dan hemat biaya yang memungkinkan pengguna di berbagai tempat di seluruh kota untuk berkomunikasi tanpa gangguan. Metro Ethernet Telkom menawarkan opsi yang efisien dan terukur untuk membantu kamu berkolaborasi satu sama lain dan berkomunikasi dengan jangkauan yang lebih luas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya