is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

3 Keuntungan Bertransaksi ETF di Aplikasi IPOT

Eduaksi | 2021-09-07 11:14:08

Exchange Traded Fund (ETF) sebenarnya bukan produk investasi baru di dunia pasar modal Indonesia karena produk reksa dana yang diperdagangkan di bursa ini telah ada sejak 2007 lalu. 14 tahun tentu bukan waktu yang singkat dan tidak serta merta bisa diklaim sebagai jenis produk investasi baru lagi.

Selama 14 tahun ini, meski tumbuh pesat, tapi marketnya belum sebesar produk reksa dana lain. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per akhir Mei 2021 memperlihatkan dari 48 produk ETF itu dana kelolaan ETF sebesar Rp14,84 triliun atau sekitar 2,77 persen dari total dana kelolaan reksa dana secara industri yang mencapai Rp536,2.

ETF yang kadang disebut reksa dana bursa ini pada dasarnya memiliki daya banyak daya tarik, seperti efisien, transparan, dan fleksibel. Namun di luar ketiga daya tarik tersebut, kini ada daya tarik baru yang bisa dinikmati para investor

ETF kini sudah mudah ditransaksikan (jual-beli) melalui aplikasi IPOT besutan sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi bernama Indo Premier Sekuritas. Berbasis aplikasi ini transaksi ETF di primary market maupun secondary market sudah serba online. Lantas apa saja keuntungan bertransaksi ETF di aplikasi IPOT ini?

1. Aman dan Nyaman

Transaksi jual-beli ETF di aplikasi IPOT sangat aman dan nyaman. Aplikasi ini dimiliki sekuritas yang berpengalaman dalam pengelolaan ETF karena Indo Premier ini termasuk pioneer dalam memunculkan produk ETF di Indonesia. Aplikasi ini juga aman karena dilapisi sistem keamanan berlapis sehingga investor pun tak perlu khawatir dengan dana dan produk yang telah dibeli.

2. Tersedia Pasar Primer dan Sekunder Sekaligus

Aplikasi IPOT kini sudah melayani transaksi ETF di pasar primer dan sekuder sekaligus. Transaksi ETF di Pasar Sekunder (secondary market) dalam satuan Lot (1 lot = 100 Unit Penyertaan) dan transaksi jual-beli di Pasar Primer (primary market) dalam satuan unit kreasi (1000 Lot = 100.000 unit) sudah mudah dilakukan dengan smartphone di genggaman tangan.

3. Mandiri Bertransaksi

Karena transaksi sudah serba online berbasis aplikasi melalui IPOT, ini sama artinya dengan pemodal yang kini sudah bisa mandiri dalam bertransaksi. Transaksi ETF di pasar primer dan sekunder pun sudah bisa dilakukan di mana saja, dari mana saja dan kapan saja selama jam bursa dengan satu sentuhan di aplikasi IPOT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya