is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image pmm umm batukerbuy

Meningkatkan Imunitas dan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Eduaksi | 2021-07-14 19:38:44

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan kegiatan PMM (Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Mahasiswa) kegiatan ini di buat sebagai pengganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama masa pandemi covid-19. Perbedaan PMM dan KKN yaitu PMM bebas melaksanakan kegiatannya dikampung halaman masing-masing, dan setiap kelompok maksimal terdiri dari 5 anggota, 1 DPL (Dosen Pembimbing Lapangan). Kami Kelompok 19 Gelombang 8 beranggotakan Rifka Khairiyah, Recka Serelita Rentiana, Noer Aini Mila Safitri Devi, Rizqa Kamila, Safira Amaliyah Riska dengan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Maharani Putri Kumalasani, M.Pd. Lokasi yang Kami gunakan untuk melaksanakan kegiatan PMM berada di Desa Batukerbuy, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura.

Program kerja yang dilakukan oleh PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 19 Gelombang 8 bertujuan untuk meningkatkan imunitas dan pola hidup sehat masyarakat di tengah pancemi covid-19, sama seperti dengan judul yang kami ambil. Program kerja yang dilakukan seperti penempelan poster edukasi dan penanaman tanaman hidroponik.

Kegiatan di lakukan adalah penempelan poster edukasi, isi dari poster tersebut mengenai bagaimana cara mencegah penularan covid-19 serta bagaimana cara cuci tangan yang benar agar kuman yang berada di tangan kita mati. Poster edukasi di tempelkan di tempat-tempat umum seperti Kantor Desa Batukerbuy, Masjid, Mushola, TPQ, dan Sekolah Dasar. Tujuan dari penempelan poster edukasi ini agar poster dapat di baca oleh masyarakat sehingga diharapkan bisa diterapkan oleh masyarakat serta menerapkan pola hidup sehat agar tidak mudah terpapar covid-19.

Selanjutnya ada penanaman tanaman hidroponik yang dilakukan bersama anak-anak setempat. Selama masa pandemic anak-anak terlalu sibuk dengan gadjed yang dimilikinya ataupun milik orang tuanya dikarenakan ada alasan yaitu kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dengan sistem daring dan menjadikan anak-anak kecanduan yang berdampak kurangnya aktifitas yang dilakukan. Oleh sebab itu PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 19 Gelombang 8 berinisiatif untuk mengajak anak-anak belajar menanam tanaman hidroponik, kenapa memilih tanaman hidroponik karena tidak memerlukan lahan yang luas dan cara menanam yang lebih gampang serta sayuran yang di tanam dapat di masak dan di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sayur sehari-hari. Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk melakukan hal-hal yang positif dan juga dapat menjelaskan seberapa pentingnya sayuran bagi kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya