is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karomatul Sa'bani

Kurikulum 2013 Menguatkan Aspek Karakter

Info Terkini | 2021-04-18 10:12:06

Oleh: Karomatul Sabani/Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo

Era revolusi 4.0 saat ini memberikan pengaruh yang besar bagi perubahan pendidikan untuk menumbuhkan kepribadian dan orientasi pada akhlak. Kurikulum 2013 bergerak untuk menguatkan aspek karakter pada peserta didik. Hal ini bisa dilihat adanya perbedaan dengan kurikulum sebelumnya.

Sumber belajar merupakan sesuatu yang digunakan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Sumber belajar dikategorikan menjadi dua macam yaitu, (1) sumber belajar yang digunakan pada proses pembelajaran (2) sumber belajar yang dipersiapkan.

Sumber belajar yang dimanfaatkan adalah sesuatu yang ada disekitar kita dan digunakan sebagai keperluan untuk proses belajar seperti halnya siaran radio, internet, museum, dan masjid. Sisi lain sumber belajar yang telah dipersiapkan adalah sumber belajar yang telah dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran, seperti buku paket, modul, media pembelajaran, dan LKS.

Kurikukum 2013 khususnya ditingkat Sekolah Dasar pada materi pembelajaraannya dibentuk ke dalam pembelajaran yang terintegrasi pada berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran yang digabung menjadi tema atau sering disebut tematik terpadu.

Materi setiap muatan pelajaran tidak boleh jauh dari rancangan pembelajaran. Materi yang telah disusun sudah ada di dalam buku siswa, sedangkan pada buku guru berisikan proses pembelajaran. Buku memiliki berbagai fungsi salah satunya yaitu perantara antara siswa, guru, dan kurikumlum dalam terlaksananya proses belajar mengajar.

Bahan ajar yang berbentuk buku merupakan satu aspek penunjang keberhasilan proses pembelajaran. Kurikulum yang terus berubah memberikan penyegaran berupa buku sebagai bahan ajar guna menambah wawasan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Bahan ajar juga harus sejalan dengan kurikulum yang sedang digunakan. Kurikumlum yang sedang digunakan saat ini yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dan tindak lanjut dari kurikulum berbasis kompetensi. Terdapat tiga kompetensi yang ada di dalam Kurikulum 2013 diantaranya kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya