is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Kenapa Ramen Semakin Mendunia?

Kuliner | 2024-05-07 06:09:30
Hidangan ramen. Foto: Foto: Christopher Testani via epicurious.com.

Ramen menjadi makanan Jepang yang semakin populer di dunia. Makanan ini kian digandrungi oleh masyarakat internasional, baik di Jepang maupun di luara Jepang. Apa kira-kira yang membuat ramen saat ini semakin mendunia?

Terdapat beberapa faktor yang memungkinkan ramen menjadi semakin populer. Faktor-faktor itu adalah sebagai berikut.

Keserbagunaan

Ramen dapat disesuaikan dengan berbagai bahan. Sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai selera dan preferensi diet. Mulai dari topping tradisional seperti daging sapi iris, bawang hijau, dan rumput laut hingga penambahan meleman lainnya seperti jagung, telur, dan bahkan keju. Dengan demikian, ramen dapat memenuhi berbagai selera.

Harga Terjangkau

Ramen umumnya murah. Makanan ini cukup terjangkau hampir semua kalangan, dari berbagai latar belakang sosial-ekonomi. Harga yang terjangkau ini telah berkontribusi pada popularitasnya yang terus menanjak, terutama di kalangan pelajar dan individu yang ingin berhemat.

Kemudahan

Ramen cepat dan mudah untuk disiapkan. Menjadikannya pilihan yang nyaman bagi individu yang sibuk atau yang memiliki keterampilan memasak terbatas. Ramen instan, khususnya, telah menjadi makanan pokok bagi banyak rumah tangga karena kemudahannya dan umur simpannya yang lama.

Globalisasi

Seiring dengan peningkatan perjalanan global dan pertukaran budaya, popularitas ramen di luar Jepang turut meningkat signifikan. Kedai ramen kini dapat ditemukan di banyak kota besar di seluruh dunia, termasuk kota-kota di Indonesia, menawarkan variasi autentik atau variasi campuran dari makan tersebut.

Media Sosial

Daya tarik visual ramen, dengan topping berwarna-warni dan kuah yang mendidih, membuatnya sangat cocok untuk dibagikan di platform media sosial. Blogger makanan, influencer, dan wisatawan sering memamerkan pengalaman mereka menyantap ramen, sehingga makin mengerek popularitas makanan ini.

Persepsi Kesehatan

Meskipun ramen tradisional tinggi sodium dan kalori, terdapat peningkatan dalam variasi yang lebih sehat dan artistik dari jenis ramen kekinian. Variasi ramen ini menggunakan bahan-bahan segar, mie alami, dan kuah yang lebih ringan, sehingga menarik bagi konsumen yang peduli dengan kesehatan.

Secara keseluruhan, meningkatnya popularitas ramen saat ini tampaknya tak bisa dilepaskan dari rasanya yang lezat, harganya yang terjangkau, kemudahan pembuatannya, dan kemampuannya untuk menyesuaikan dengan berbagai tren dan preferensi kuliner zaman now.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya