is-rol-1_1-00is-pilihan-1_5-00 Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Memikirkan Kembali Kepemimpinan: Apakah Anda Bersedia Menjadi Pemimpin yang Melayani?

Eduaksi | 2024-04-23 19:14:38
Sumber gambar: The Enterprisers Project

Kepemimpinan lebih dari sekadar strategi dan visi—kepemimpinan adalah tentang keberhasilan orang lain.

Poin-Poin Penting

· Kita cenderung menganggap kepemimpinan sebagai segalanya tentang perencanaan, visi, dan strategi. Apakah kita telah disesatkan?

· Pemimpin harus mendukung orang lain agar berhasil mencapai tujuan bersama.

· Bagian tersulitnya adalah mengembangkan motivasi untuk menjadikan proses ini bermanfaat.

Jabatan manajemen bukan lagi sekadar impian. Apakah karena kita disesatkan tentang apa yang sebenarnya terkandung di dalamnya? Saya membahas hal ini dalam makalah terbaru di Dinamika Organisasi, yang menyarankan bahwa mungkin kita perlu mengubah cara berpikir kita tentang manajemen sumber daya manusia.

Era kita memiliki hubungan yang ambivalen dengan para pemimpin. Peran klasik manajer menengah tidak lagi diinginkan. Bahkan gagasan tentang “kepemimpinan” menimbulkan kecurigaan karena asosiasi negatifnya: Di dunia kerja, gagasan ini memunculkan gambaran ekses-ekses di Silicon Valley, tentang pekerja sebagai roda penggerak, tentang pemimpin politik yang munafik.

Meskipun demikian, kita membutuhkan orang-orang yang mengambil peran kepemimpinan dalam “ekosistem” masing-masing: orang tua (ekosistem keluarga), manajer (ekosistem tim dan tempat kerja), guru (ekosistem sekolah), pejabat terpilih (ekosistem pemerintah), dan lain-lain.

Apa Sebenarnya Arti Kepemimpinan?

Dalam budaya Barat, kita cenderung mengkonseptualisasikan kepemimpinan dengan menggunakan model kuno yang disebut Taylorisme, di mana seorang pemimpin = visi + perencanaan. Dengan melakukan hal ini, kita telah melupakan tujuan utama kepemimpinan: bahwa pemimpin mencapai kepuasan melalui keberhasilan orang lain.

Artinya, para pemimpin tidak boleh melupakan realitas pekerjaan mereka, yaitu mendukung masyarakat agar berhasil menjalankan misi bersama. Begitu mereka memahami hal ini, kesulitannya terletak pada mengembangkan motivasi untuk menjadikan proses ini bermanfaat.

Kesalahpahaman dan Rasa Sakit yang Tumbuh

Beberapa orang akan menerima dan mencari tanggung jawab ini, namun mereka tidak selalu memiliki alasan yang tepat. Mereka mungkin termotivasi oleh janji promosi atau keinginan agar semua orang mengikuti visi mereka.

Mereka mungkin juga sedikit naif dalam melakukannya dan terus fokus hanya pada pekerjaan teknis mereka: manajer proyek teknik yang tetap menjadi insinyur terbaik tetapi bukan manajer terbaik, manajer penjualan yang merupakan tenaga penjualan teratas tetapi bukan manajer puncak. Mereka mungkin juga menerima dengan harapan bahwa mereka akan segera menyingkirkan masalah-masalah yang berkaitan dengan masyarakat dan fokus pada apa yang mereka anggap sebagai “pekerjaan nyata,” biasanya visi dan strategi mereka.

Kesalahpahaman ini berarti bahwa tidak semua pemimpin benar-benar menghargai apa artinya mengelola orang, sehingga menimbulkan masalah dan kekecewaan. Mereka akhirnya merasa pekerjaan mereka tidak ada pamrihnya dan merasa putus asa. Hal ini membatasi kepuasan dan efektivitasnya.

Memang benar bahwa manajemen sumber daya manusia itu rumit: Orang-orang kehilangan motivasi, bercerita, berhenti atau tidak muncul, mengeluh. Tentu saja, hal ini juga bisa bermanfaat, namun sulit bagi para pemimpin untuk tetap menikmati inti pekerjaan mereka.

Menjadi Pemimpin yang Melayani berarti Tangan Anda Kotor

Kepemimpinan adalah sebuah proses, dan ini melibatkan mengotori tangan Anda sampai tingkat yang hanya diketahui oleh sedikit orang. Untuk sebagian besar pekerjaan, orang menjalani pelatihan (terkadang berlangsung bertahun-tahun). Sebaliknya, ketika mengambil posisi kepemimpinan, sering kali pergantian tersebut terjadi tanpa banyak pelatihan khusus, atau mungkin dengan pelatihan beberapa hari dari waktu ke waktu.

Orang mungkin juga tidak mengenali kurva pembelajaran yang terlibat. Hal ini memerlukan perubahan mentalitas: Dalam makalah saya, saya mencatat bahwa calon pemimpin “ingin mempertimbangkan pendekatan kepemimpinan sebagai subjek pembelajaran, sebagai sesuatu yang terus dipelajari secara signifikan dari waktu ke waktu.” Hal ini dapat mencakup pembelajaran melalui program seperti MBA eksekutif dan membaca literatur di bidang-bidang seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi. Hal ini dapat membantu memperbaiki kurangnya motivasi dan asumsi yang salah tentang kepemimpinan.

Pergeseran mental lainnya adalah mempertimbangkan sistem kepercayaan dan nilai-nilai yang terkait dengan kepemimpinan. Saya sebelumnya mengembangkan gagasan bahwa mempertahankan upaya dalam jangka panjang adalah seperti merencanakan perjalanan panjang, dan kita dapat melihat proses ini seperti putaran kinerja: upaya - kinerja - kesenangan - motivasi - upaya. Dengan kata lain, para pemimpin perlu terlibat dalam tim mereka dan melakukan kerja keras dalam manajemen sumber daya manusia sebelum mereka melihat manfaatnya terhadap kinerja mereka—sehingga akan membantu jika mereka menikmati upaya tersebut.

Saya menyarankan untuk mendorong para pemimpin untuk menjadi “insinyur sistem sosial mereka”, dengan menunjukkan kurva pembelajaran dan fakta bahwa diperlukan upaya yang signifikan sebelum pekerjaan seseorang dapat membuahkan hasil.

Hal ini juga berarti menerima sifat pelayan sejati dalam pekerjaan, sehingga mengembangkan selera emosional dan estetis dalam berurusan dengan manusia, aktivitas yang dapat dianggap menyakitkan. Hal ini dapat membantu para pemimpin menghindari rasa frustrasi atau mengabaikan tanggung jawab mereka, dan tetap fokus pada hadiahnya: kebanggaan dalam mengambil alih hubungan dengan orang-orang yang mereka kelola.

Dengan mengubah cara kita berbicara tentang kepemimpinan, kita dapat membantu calon pemimpin agar lebih siap menghadapi kenyataan pekerjaan mereka dan tetap termotivasi dalam jangka panjang—sebuah tujuan penting di masa-masa sulit.

***

Solo, Selasa, 23 April 2024. 6:59 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya